Jumat, 03 Juni 2011

Gradasi

Perhatikan warna pelangi selepas hujan. Setiap warna utama yang berimpitan selalu diselingi dengan warna gradasi. Di tempat lain kau mengenalnya dengan istilah antara, spasi atau jarak. Boleh juga kau sebut peralihan. Pada musik orang mengenalnya fade out atau fade in. Tidaklah berlebihan jika kutambahkan fase metamorfosis. Sementara di lingkungan yang baru kau merasakannya lewat adaptasi.

Ya, setiap peralihan membutuhkan penyesuaian. Dimana hal diluar dirimu tak selalu sama dengan keinginan dirimu. Kata salah satu pimpinanku (Pak Asisten 2) : jika kita tidak bisa merubah orang, maka rubahlah diri kita menyesuaikan dengan keinginan orang lain. Disitu ada proses mengalah, tapi tanpa meninggalkan jati diri kita.

Penyesuaian membutuhkan kesabaran. Tidak seperti meyerupai, yang seketika bisa berubah secara drastis seperti bunglon bersembunyi dengan cara kamuflase disaat terancam. Waktu penyesuaian otomatis relatif lebih panjang. Dimana selama itu kita bisa belajar memahami diri orang lain dan keadaan sekitar.

Di dalam penyesuaian terdapat kompromi, kita bisa memutuskan untuk meneruskan melanjutkan perjalanan dengan jalan lurus di depan kita atau berbelok ke arah lain dengan tujuan yang sama, tetapi bukan untuk kembali dan berbalik arah.






sumber gambar :
http://static.photo.net/attachments/bboard/00L/00L4bY-36432284.jpg






Tidak ada komentar: