Sabtu, 11 September 2010

Pernah (tidak) wisuda

Setiap orang yang mendapat kesempatan mengenyam bangku kuliah, pasti sangat ingin memasuki suatu proses akhir bernama wisuda. Suatu tahapan dimana kau akan mengenakan pakaian hitam panjang menutupi hingga bagian kaki dengan topi di kepala berbentuk segi empat yang disebut toga. Pakaian aneh tapi mengandung berjuta prestise dan gengsi yang tinggi.

Orang yang mengenakannya tidaklah sembarang. Perjuangan yang panjang harus ditempuh untuk dapat berpakaian seperti itu. Dibutuhkan kesabaran dan keuletan yang tinggi bila ingin memakai baju tersebut. Disamping uang serta waktu yang tak sebentar serta tak jarang dihiasai air mata dan kecewa.

Wisuda yang berarti juga pelepasan dari kampus tempatmu menuntut ilmu. Berpisah dengan teman-teman, staf akademik, Para dosen bahkan kekasih. Bila Saat yang ditunggu-tunggu itu tiba, maka jangan heran jika suasana tempat tinggalmu akan berubah. Mungkin rumah mu akan seperti merayakan lebaran yang datang lebih cepat. Tiba-tiba Ibu memasak opor ayam bersama lontong atau makanan lezat lainnya dalam jumlah banyak sambil dengan bangga menyebut-nyebut nama anaknya yang akan diwisuda kepada tetangga-tetangganya.

Hari ini beberapa teman di Kosmik (wanto, opi, cici, khaerul, dll) sempat mengikuti wisuda ini, setelah berjuang selama beberapa tahun dan tepat waktu menyelesaikan masa studinya. Saya juga sempat hampir merasakannya, namun sayang tidak kesampaian, mengingat telah melampaui batas waktu 7 tahun yang telah ditentukan. Tapi tak apalah... Untuk itu kepada teman-teman ku... Selamat yah ^_^


Ilustrasi :


http://fyuhisme.files.wordpress.com/2010/05/astie-wisuda1.jpg

Tidak ada komentar: