Sabtu, 23 Februari 2008

Laskar pelangi, semangat baru dalam membaca




Nama Andrea Hirata tidaklah dikenal dulunya. namun beberapa bulan ini, ledakan penjualan laskar pelangi yang disusul sang pemimpi dan edensor telah mendongkrak namanya. mungkin makassar kota yang terlambat menyadarinya, tapi yang penting disini telah muncul semangat baru bagi penulisan karya sastra di indonesia yang terkesan lesu beberapa tahun belakangan ini.

Tokoh-tokoh arai, ikal, jimbron, a ling, serta istilah penyakit gila nomor sekian dan mozaik hidup mulai terasa akrab di telinga kita. Dimanapun itu. tak ketinggalan juga di telaga safar. Mulanya hanya dwi yang terlihat membacanya. tapi beberapa hari ini ani (safar angels, Kamar 8 lantai 1 telaga safar) dan nasar mulai terdengar menyebut nama arai dan ikal setiap ada kejadian lucu di sekitarnya. "mirip ikal waktu di kejar sama gay" begitu katanya ketika mendengar Riza (kamar 3 lantai 1 Telaga safar) yang bercerita soal nasibnya yang apes di kejar bencong beberapa malam yang lalu. Rupanya mas Andrea telah menyihir para pembaca se indonesia dengan kekonyolan Ikal yang tak henti henti ditopang dengan sepak terjang sang "simpul keramat"Arai dalam menghadapi kehidupan.

Hingga saat ini Edensor merupakan kisah terakhir dari tetralogi laskar pelangi yang kabarnya akan dibawa ke layar lebar oleh riri riza dan mira lesmana. Masih ada maryamah karpov yang hingga kini belum diterbitkan. Apakah ini merupakan strategi penjualan atau ada maksud yang lain?? yang jelas laskar pelangi telah menambah semangat baru dalam kelesuan membaca beberapa waktu ini terutama untuk novel dan roman.

"Buku adalah gudang ilmu, dan membaca adalah kuncinya"


Tidak ada komentar: