Sabtu, 04 September 2010

Sabtu, puasa hari ke-25 : Usaha selalu berteman dengan keberhasilan

Hari ini ketika menginstal salah satu komputer di warnet jamil, beberapa kali selalu mengalami kegagalan. Beberapa CD yang dicoba dan bagus di komputer lain, ternyata ngadat dan terbentur pada error kode : 22 di komputer yang satu itu. Sempat saya kira CD Romnya rusak sehingga terpaksa diganti dengan CD rom lain.

Tapi ketika dicoba dengan CD rom baru, tetap saja macet di tengah-tengah proses penginstalan. Saya agak sedikit stress melihatnya sampai tak sengaja melihat sebuah tulisan di blog milik ema yang satu ini : http://roemahjiwa.blogspot.com/2010/09/karena-tuhan-selalu-memberi-peluang.html. Terutama ketika tiba pada kalimat dari salah seorang anak kosmik bernama yuyu (angk 2006). Katanya : "Tuhan hanya memberi apa yang kita usahakan." Saya tertegun sendiri dan tertawa, dari tadi sebenarnya yang kulakukan pada komputer itu hanyalah menyalahkannya dan tidak berusaha dengan mencari mencari kesalahan pada diri sendiri, yaitu kurangnya pengetahuan tentang apa arti dari error : 22 yang ditunjukkan pada layar monitor.

Sebenarnya setiap Peralatan elektronik mempunyai standar operasinal prosedur (SOP) masing-masing. Sehingga jika tidak dilaksanakan sesuai SOP nya, maka terjadilah Error. Dalam hal ini saya kemudian mencari informasi tentang kesalahan tadi di beberapa situs internet, yang ternyata memang terkendala pada hardware, yaitu pada masalah penempatan memory (RAM). Ah jadi ribet mi...Memori pada komputer itu ternyata terpasang 3 keping, saya mencoba melepas salah satunya, kemudian memulai lagi proses penginstalan. Dan hasilnya...Berhasil !!!!

Dalam mencapai tujuan, sebuah usaha mutlak dilakukan. Dan tentu saja keberhasilan ditentukan oleh seberapa keras usaha kita. Do'a adalah salah satu jalan pada kuasa yang menentukan dengan rekomendasi usaha kita tadi.

Tidak ada komentar: