Sabtu, 26 April 2008

"big yellow taxi", peringatan yang kurang disadari


They paved paradise
And put up a parking lot
With a pink hotel, a boutique
And a swinging hot spot
Dont it always seem to go
That you dont know what youve got

Penggalan lagu diatas akrab kita dengar beberapa tahun ini melalui suara counting crows yang berduet dengan vannesa charlton (ini lagu yang dibenci sama dwi, soalnya vannesa cuma numpang teriak : "uuuu... pap pap pap...!!")
Tanpa kita sadari sebenarnya lagu tersebut merupakan kritik pedas mengenai isu global hingga hari ini.
Ditulis pada tahun 1968 oleh Joni Mitchell seorang wanita yang gelisah ketika melihat hawaii yang telah dilapisi paving blok disana sini. Sadar akan kondisi bumi yang mulai rusak pada waktu itu, menginspirasi bait pertama dari lagu ini : "they paved paradise put up a parking lot"

Lalu mengalirlah kegelisahan-kegelisan yang tertuang ke dalam bait-bait selanjutnya. Penekanan utama terhadap pesan yang ingin disampaikan Joni adalah pada kalimat "Don't it always seem to go
That you don't know what you've got Till its gone" yang memaksa kita untuk sadar apa yang telah kita lakukan selama ini, tak heran bait ini selalu diulang-ulang sepanjang lagu berlangsung.

Bait "farmer-farmer put away your DDT" menggambarkan penggunaan zat DDT pada tanaman yang sedang marak pada saat itu (hingga hari ini) yang jelas berdampak buruk pada tanaman itu sendiri dan lingkungan sekitarnya.
Kita mungkin tidak akan bisa lagi melihat pepohonan yang rindang secara gratis karena di masa yang akan datang, ketika pohon sudah menjadi langka karena penebangan dimana-mana, maka munculah museum pohon. yang untuk melihatnya saja kita harus merogoh kocek terlebih dahulu.
joni dengan jelas menggambarkannya dalam bait "They took all the trees, and put em in a tree museum, And they charged the people a dollar and a half to see them'

Sayang, counting crows "seenaknya" saja merubah inti dari lagu ini, hanya karena mereka (counting crows) adalah laki-laki sehingga kata "oldman" yang merupakan lirik asli dirubah menjadi "My girl" sehingga terkesan lagu ini adalah lagu cinta. Perumpamaan bumi dengan kata "oldman" yang telah diambil paksa oleh modernisasi dan pembangunan bernama "big yellow taxi"

Late last night
I heard the screen door slam
And a big yellow taxi
Took away my old man

Jenis musik seperti ini selanjutnya dikenal dengan ecological folk. Joni mitchell tidak sendiri, di indonesia kita mengenal nugie, iwan fals, dan masih banyak lagi yang berusaha meneriakkan hal yang serupa. Tetapi seperti biasa, kita hanya lebih sering menikmatinya saja.

Tidak ada komentar: