Selasa, 26 Agustus 2008

ada sapi menyerbu kampus

Ketika jalan ke kampus siang ini terasa lebih panjang dari biasanya, tepat di depan tugu "volkom", dua wanita berjilbab naik motor vespa berwarna hitam menghampiriku. Saya belum dapat mencerna dengan baik ketika salah seorang dari mereka berbalik kepadaku. saat itulah saya baru tersadar, "IRA..........!!!" WA..A..AAAA............!!!"
Kegirangan saya tidak terkira, Salah seorang sahabat dekat itu kini hadir di depanku setelah beberapa waktu tidak bertemu. Sejenak saya tertegun.

Ira Demita, berkacamata, jilbab, dan selalu menggunakan celana panjang. Hanya Satu kali saya melihatnya pake rok, yaitu ketika ujian meja beberapa tahun lalu. Di hadapanku kini, berdiri sosok itu masih sama seperti ketika pertama kali kami memasuki dunia kampus ini 2001 silam, tetapi waktu itu ira belum berjilbab. Di awal kuliah hingga menjelang KKN dulu, ira selalu terlihat bersama puput. Dua sejoli ini selalu bersama. Di mana ada ira, disitu ada puput. hal ini berlangsung lama hingga puput menikah dengan seorang senior di fakultas lain. Kini puput entah dimana, tapi kata ira, puput sudah kembali ke jakarta. Bapaknya meninggal dan sekarang puputlah tulang punggung di keluarganya.

Suara misda yang besar itu membuyarkan lamunanku, "ku tunggu di pasar nah.."
Kemudian saya dan ira berjalan kaki menuju kampus dari tugu volkom tersebut.
"Sudah lama tidak jalan kaki, soalnya di pulau terus."
Ira, di angkatan kami dulu adalah "mace" nya. Di kostnya kami masak perbekalan buat konsumsi bina akrab "nurani" 01. Di tempat itu pula acta diurna yang kami kelola di buat. Waktu itu bersama wanna, puput, ira dan derlin. Kami menyusun format acta diurna tersebut dengan model warna-warni. Saya masih ingat dengan ide gila nya puput membuat sebuah rubrik "du-du" (dari-untuk). Rubrik ini adalah ajang salam-salaman anak kosmik waktu itu, karena HP masih merupakan barang yang langka.

Ira masih menikmati langkah-langkah tegapnya ketika kami memasuki wilayah fisip dan mendekati lokasi pintu WC yang kebakaran kemarin. Masih terlihat arang bekas api yang melalap pintu tersebut. Sementara di sampingnya berserakan genteng-genteng yang akan diganti seiring bergantinya tahun ajaran baru dengan berdatangnya mahasiswa baru.
Saat mencapai pasar, terlihat dari kejauan anak-anak "Dragons" sedang asyik bercengkrama. "kak ira..." teriak emma. Dan pelukan pun mengalir di pasar.

Ada dua hal yang mengingatkan kami pada ira, yaitu Johny depp dan Sapi.
Segala hal tentang Johny depp sangat sensitif di telinga ira. Begitu pula yang berbau sapi. Tapi bukan nafas sapi. Saya ingat ancu pernah bilang : "mahasiswa yang paling kuat di dunia adalah ira, karena tiap hari dia memikul sapi dengan enteng di tasnya"
Ya, seekor sapi memang bergantungan di tas kesayangannya. tapi dalam bentuk yang lebih keil (gantungan kunci). Di kamarnya pun ira dulu memiliki bantal sapi yang dikirimkan teman chattingnya di jawa. Dari sini panggilan ira "sapi" itu pun muncul. Ketika ada sapi, maka saya akan ingat dengan Ira.

Sore menjelang, kami berjalan ke pe-we (pariwisata), disitu Ira bercengkerama dengan jun. Menurut Ira, sosok unik Jun sangat mirip dengan tokoh "sid", seekor kukang dalam Film Ice Age, karena dia lincah dan aneh seperti Jun.

Tidak berapa lama deru khas mesin motor vespa milik misda terdengar. Misda datang untuk menjemput ira. Rencananya mereka berdua akan ke perumahan dosen mencari "Nipah", sebuah LSM milik kelautan. Entah apa yang dicari ira disana. Yang jelas dia berjanji akan datang ke pondokan nanti dan bertemu dengan teman lain, katanya dia rindu pada sosank dan patang.






1 komentar:

joe sukisman mengatakan...

jogja, 16:28
Aku lagi iseng nyari artikel tentang filkom, tiba-tiba kepengen tau soal acta diurna yang katanx cikal bakalx jurnalistik, tapi kemudian aku nemuin tulisan ini. Aku nggak kenal siapa yang nulis tapi aku rindu karena di situ ada acta diurna mading yang dulu aku pernah kelola bareng umam n awie. juga ada kosmik tempat aku tumbuh dan mengasah kepekaan sosialku. aku rindu kosmik, acta diurna dan kampus merahku, aku ingin pulang!!! salam kenal, aku joe kosmik 95