Kamis, 29 Juli 2010

Terbatasnya Kemampuan server pun memisahkan kita

Acara postingan 100 tulisan dalam 100 menit yang diselenggarakan kompasiana.com pada hari kamis 29 juli 2010 berlangsung dalam kesenyapan. Hanya bunyi hentakan tutus keyboard yang terdengar dari bilik bilik warnet atau laptop para peserta di berbagai penjuru nusantara bahkan dunia. Entah itu dalam hiruk pikuk ibu kota, pedalaman hutan menggunakan bantuan antena satelit, atau dimanapun itu. Namun, baru berlangsung beberapa menit, berdatanglah keluhan dari para peserta dengan nada yang sama : Lambat Loading !!!!

Ya, kemampuan sebuah server menerima postingan atau lalu lintas akses terhadapnya mempunyai batasan tertentu. Biasanya kelebihan beban (overload) ini mengakibatkan memerlukan waktu lama untuk mengkases situs tersebut atau bahkan tidak bisa diakses sama sekali. Saya tidak tahu apakah karena saking berjubelan orang mengakses kompasiana.com pada waktu bersamaan bisa dikatakan sukses, meskipun saya yakin pihak kompasiana jauh jauh hari sudah mempersiapkan servernya dengan menyupayakan bandwith yang sebesar-besarnya tapi toh tetap keder juga.

Kegiatan semacam ini patut diapresiasi, antusiasme warga kompasiana sangat tinggi mengirimkan segala bentuk tulisannya baik itu reportase maupun guyonan segar. Sampai saat ini mungkin para admin server kompasiana.com masih kelimpungan mengatasi sesaknya lalu lintas akses, dan walaupun tulisan ini susah sekali atau bahkan tidak sempat terposting, tak apalah.

(di posting ketika server kompasiana.com susah diakses)

1 komentar:

Bpk radi mengatakan...

Buat saudara punya permasalahan ekonomi: hub aki santoro,karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro yang berminat,hub aki santoro di nomor 0823 1294 9955, atau KLIK DI SINI