Minggu, 07 September 2008

Puasa hari ketujuh, "pertemuan tak terduga di dunia yang dilipat"

Pagi ini aku berkesempatan pulang lebih awal. Ranes masih tidur ketika aku mengetuk pintu kamarnya. Dia terbangun dan mengucek matanya dan bertanya sudah jam berapakah saat itu? aku bilang sudah jam 3. Antara sadar dan tidak ranes membawa langkahnya menuju kamar mandi untuk cuci muka, aku tertawa melihat tingkahnya seperti itu.

Hari ini begitu panas, meskipun masih pagi tetapi matahari sudah sangat terik. aku melihat jam dinding yang menunjukkan pukul 8 pagi begitu aku tiba di xtra, pengunjung belum ada yang datang. Aku pun masuk kembali ke dunia ini, dunia yang dilipat.

Yahoo messenger adalah sebuah aplikasi untuk bercakap-cakap dengan teman, saudara, kerabat, guru, pacar, musuh, nenek, kakek, dan apa saja di dunia ini. Dengan syarat ia bisa mengetik dan membaca. Hanya saja aplikasi ini terbatas pada pemilik email yahoo saja. Yah mungkin sedikit narsis dan tertutup. Tapi di zaman sekarang, siapa sih yang tidak kenal yahoo ? Belakangan ini yahoo sudah mengembangkan jangkauan yahoo messengernya hingga bisa chat (ngomong) dengan pemilik hotmail. "Ye-Em" Sebutan gaul buat yahoo messenger, siang ini aku iseng-iseng menyapa teman-teman yang ada di daftar YM ku. Ketika baru beberapa kata ku ketik untuk temanku yang bernama "sharon keisha" aku melihat sebuah e-mail masuk berasal dari Puput 01. Aku terhenti sebentar, Puput? Puput yang itu kah? Puput teman angkatanku yang dulu setelah menikah tidak pernah lagi terdengar kabarnya.

Aku pun membuka inbox ku dan mendapati memang puput itu. Mempunyai nama panjang amelia putri, puput merupakan teman yang sangat menyenangkan. Tidak saja cantik, tetapi dia mempunyai berbagai macam keahlian yang jarang dimiliki kaum hawa lainnya. Musik, puput sangat piawai memainkan gitar, terkhusus bagian Bass, dan piano. Seni lukis, gambar anime yang ada di komik-komik itu bisa dibuatnya dengan singkat. Dia juga menciptakan karakter-karakter kartun teman-temannya. Aku pernah melihatnya melukis Ira (teman kami yang berjilbab sekarang berada di pulau antah berantah) dengan sangat lucu. Aku pun pernah di buatkan karikatur tentang ospek (gambar serigala imut). Pernah juga ketika puasa tahun pertama waktu masih mahasiswa baru menjelang idul fitri, aku minta dibuatkan kartu lebaran yang ada gambar sailormoon lagi memegang ketupat. Menulis, fotografi, Dunia broadcasting semua pernah pernah dilaluinya di makassar. Maka tak heran jabatan produser salah satu acara prambors sempat di pegangnya.

Tahun berganti, penampilan puput yang awalnya tomboy dengan rambut pendek dan cepak berubah menjadi sosok anggun yang dibalut dengan jilbab. Bersamaan dengan itu, ia berkenalan dengan seorang senior dari jurusan lain (saya ingat namanya tapi tidak usah ditulis disini). Dari perkenalan itu mereka memutuskan untuk menikah dan memiliki anak. Setelah itu puput tinggal di makassar sampai februari tahun 2007. Kabarnya tak terdengar hingga puput melahirkan seorang anak laki-laki yang lucu (foto dan namanya barukuketahui dari hasil pertemuan kami di dunia maya ini).

Aku melihat isi surat yang puput kirimkan berisi pertanyaan apakah masih ada yang mengingatnya atau tidak?. Spontan aku menjawabnya melalui milis. Dari tanggal pengirimannya ku ketahui surat itu baru dikirmkan 1 menit yang lalu. Aku langsung memasukkan dalam daftar temanku, dan hasilnya..... sebuah seruan panjang dari puput : "RAHE..............!!!"

Aku pun suka cita menjawabnya. Tak terasa tetes air mataku meleleh (biar keren dan sedikit menyentuh, hehehe). Kami pun saling menanyakan kabar. Dari percakapan ini aku baru tahu puput sempat mengalami cobaan dan masa-masa sulit dalam hidupnya. Itu terjadi sekitar tahun 2007 lalu. Setelah menderita demam berdarah pada titik akut dan masuk rumah sakit, ditambah dengan meninggalnya sang ayah secara tiba-tiba membuat penopang hidup di keluarganya tidak ada. Hal ini membuat puput mengalami depresi berat dan berujung pada temporary amnesia. Aku tidak dapat membayangkan sosok yang sangat lembut itu menghadapi semua rintangan ini. Tetapi dengan kekuatannya, Puput tetap tegar. Cahaya mata zidane (anaknya yang lahir waktu final piala dunia 2006) termasuk yang memperkuat keteguhan hati puput.




Kini puput bekerja di Showroom Hyundai, di sela-sela kesibukannya dia membuka kursus menggambar komik. Tempat kursus ini dikelolanya bersama adikynya rahma yang lulus di LP3i. Karena bakat keduanya yang hampir mirip pada seni lukis ini, maka sekolah yang dibangunnya baru beberapa bulan ini sudah mempunyai murid yang lumayan banyak.



Puput online dari rumahnya, hari minggu begini dia libur. Jadinya di rumah mengurus si kecil zidane. Puput sempat menanyakan kapan kita bisa reunian kembali dengan teman-teman, aku pun meniatkan dalam hati suatu saat nanti kita akan berkumpul bersama kembali meskipun hanya dalam waktu singkat.



Aku jadi ingat kembali, semuanya, BLUR 01, kabar anak-anak...
ah puput, semoga engkau selalu dilindungi yang maha kuasa
kuatkan hatimu ya.....
kami selalu mendukungmu....


Ini profil puput :

http://www.perfspot.com/profile.asp?uid=99BB1D2D-A41F-4FF5-9398-82535CDA4947







Tidak ada komentar: