Minggu, 15 Agustus 2010

Ahad, puasa hari ke-5 : "Disini (Di Korps) kita membicarakan masa depan" (triayu)

Ahad atau minggu Sebenarnya hari libur, tapi di Kampus Unhas kali ini masih ada acara dalam rangka proses penyambutan penghuni baru pada tingkat jurusan jadi kampus tidak sepi. Seperti beberapa tahun lalu, acara penyambutan yang menghadirkan Demo "live report" menggunakan perangkat televisi milik jurusan ilmu komunikasi seakan menghipnotis mahasiswa baru (Maba) yang melihat langsung proses dan cara kerja dari peliputan hingga disiarkan melalui tv "lokal" jurusan ilmu komunikasi.

Diperagakan langsung oleh-oleh anak-anak kosmik diantaranya kiky (kosmik 08) sebagai pembaca berita di studio mini, tria (kosmik 08) bertindak selaku floor director dan cubo (kosmik 09) pada master control. Sementara itu paris (kosmik 08), ari dan tian (kosmik09) bertugas mengambil gambar/kameramen. Agar maba tidak terlalu bingung, maka ciko (kosmik 09) ditunjuk sebagai pemandu ketika sesi live report berlangsung. Bertindak sebagai MC adalah Triayu (kosmik 07) yang juga menjabat sebagai asbid intern Kosmik.

Para Maba memperhatikan dengan sungguh-sungguh segala arahan yang diberikan sebagai bekal awal mereka menapaki bangku kuliah. Ketika berkesempatan mengunjungi berbagai fasilitas seperti lab radio, komputer dan audio visual, mereka bertanya ini dan itu dengan antusias termasuk ketika giliran ruang korps diintip. Seperti pertanyaan : bagaimana menjadi pengurus kosmik, atau boleh orang nginap disini ?. Ada juga seorang maba bernama vina (maba dengan logat jawanya yang kental) bertanya dengan polosnya : ruangan dibelakang itu gudang yah ? sambil menunjuk ruang bagian belakang korps. Spontan teman-temannya yang tertawa.

Untuk apa korps ini ? Begitu mungkin pikir para maba ketika melihat ruangan dengan berbagai macam barang yang bercampur aduk itu, dimana sebagian tempat televisi dapat juga berfungsi sebagai rak sepatu, atau potongan botol aqua dijadikan asbak rokok. Sementara Di dinding terdapat papan pengumuman yang tulisannya lebih terkesan "curhat" dan luapan keluh kesah. Ada kompor, sarung, piring, buku-buku, semuanya menjadi satu bersama orang sedang mengisi Teka-teki silang dan bermain facebook serta membaca ebook. Telinga para maba mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika beberapa kalimat itu terucap : "Ruang ini memang seperti begini adanya, tapi disini bisa menjadi rumah keduamu, tempat curhatmu, ketika tak ada tempat lain yang mau mendengarmu. Disini juga kita berkumpul mengadakan rapat-rapat, atau sekedar melepas lelah selepas kuliah. Kalau kau suntuk datanglah kemari. Segala hal dapat kita bicarakan disini, termasuk masa depan.... "

(begitu kalau tak salah saya merekam setiap kata yang keluar dari bibir triayu dengan sedikit bergetar menahan haru)

Tidak ada komentar: