Senin, 23 Agustus 2010

Senin, puasa ke-13 : Awal yang baru dan dua pelangi

Tahun ajaran baru sudah bergulir hari ini. Kusebut demikian untuk seputaran kampus unhas saja. Kebetulan karena tinggal dekat dengan kampus besar ini, jadi sayang untuk melewatkan setiap perubahannya begitu saja. Berbagai aktivitas akademik mulai berlangsung secara resmi pagi tadi.

Kupastikan beberapa ada yang masih terlambat bangun sehingga ketika di absen masih tergesa-gesa menuju ruang kuliah yang bisa jadi masih dicari-carinya pula. Bagi mereka yang baru, sepertinya masih akan sedikit kesulitan menemukan kamar WC di kampus ini. Tetapi jangan khawatir, selalu akan gampang mencarinya dengan bantuan hidung, karena bau khas ruangan itu cukup mampu menuntunmu sampai kesana tanpa perlu menggunakan mata. Para pengajar pun akan memaklumi di hari pertama perkuliahan seperti ini selalu ada yang terlambat, jadi tak perlu terlalu khawatir akan kena semprot, dengan adanya bulan puasa kalian akan sedikit aman lah.

Ketika hari bergerak dan matahari terus condong ke arah barat, waktu pulang pun tiba. Kendaraan-kendaraan keluar dari berbagai arah kampus menuju dua titik, pintu satu dan pintu dua. Kalau kau tak membawa kendaraan dan hanya menumpang angkutan umum, kusarankan kau berjalan-jalan sedikit menuju arah pintu satu. Berbagai pemandangan apik dapati kau dapati sepanjang perjalananmu. Mulai dari orang-orang yang bermain basket di pelataran gedung PKM, atau yang sedang menendang bola di lapangan satu. Atau kau bisa menghampiri air danau unhas yang tenang dengan hamparan rumput hijau di kiri kanannya. Terdapat bangku-bangku yang bisa kau gunakan untuk duduk-duduk bersama pasanganmu atau gebetanmu atau sekedar teman SMA mu yang kini tidak satu jurusan denganmu.

O iya, sore tadi kalau kau sempat menengok langit, ada 2 pelangi yang bersusun. Warnanya sangat indah. Kata ema, "tahukah kau warna kedua pelangi tersebut saling bertolak belakang ? " Warna merah kuning hijau biru pada pelangi yang agak terang dalah mengarah kebawah urutannya, sedangkan pelangi diatasnya adalah kebalikannya yaitu warna merah kuning hijau birunya mengarah keatas (ini salah satu dialog dalam film echoes of rainbow, katanya lagi). Tidak tahu itu mengisyaratkan apa, tapi bukankah setiap cerminan atau bayangan berlawanan arah dengan materi aslinya dan cenderung kabur. Boleh saja setiap bayangan dirimu sangat mirip denganmu tapi itu bukanlah dirimu yang sebenarnya, dan tentu saja kau tak bisa hanya terus berada dalam bayang-bayangmu sendiri atau bahkan bayangan orang lain.

Undangan buka puasa di rumah pak mursalim menutup puasa hari ini. Guyonan segar khas anak kosmik kembali ditemui. Ada kak Ompe yang turut menghangatkan sore itu, sempat beliau menawarkan rumahnya sebagai tempat giliran buka bersama selanjutnya. Kita nantikan.




Ilustrasi Dua pelangi yang ema tunjuk tadi
Sumber : http://www.canada-photos.com/images/500/double-rainbow-prairie-thunderstorm-regina-city-saskatchewan-5060.jpg

Tidak ada komentar: