Kamis, 12 Agustus 2010

Kamis, puasa hari ke-2 : Serba gratis di masjid kampus

Apa yang membuatmu kreatif ? saya yakin, kalau bukan karena kau memang terlahir dengan otak kanan yang encer maka pasti kau sedang terhimpit kesusahan dan masalah. Ketersudutan membuat pikiran kita berpacu lebih cepat dari biasanya dan ini sering melahirkan ide-ide baru bahkan gila untuk keluar dari suatu masalah.

Bukannya saya mau promosi, tapi cobalah jalan-jalan ke masjid atau mushollah. Jika kau adalah anak kost dan ingin berhemat pengeluaran selama bulan puasa, datanglah ke masjid untuk berbuka. Seperti masjid Kampus Unhas, menyediakan takjil (santapan berbuka) yang lumayan mengenyangkan. Dua buah kurma,dua jenis kue dan air putih. Kalau beruntung ada es buah juga atau sirup. Jika adzan berkumandang, berbukalah dengan perlahan-lahan agar kita tidak tampak sebagai orang yang kelaparan. Mula-mula minumlah satu teguk atau dua teguk, kemudian makanlah kurma dilanjutkan kue kuenya. Akhirilah dengan menyisakan air putih agar menetralisir segala rasa. Setelah itu ambillah air wudhu dan shalat magrib berjamaah.

Sehabis shalat, tetaplah duduk di tempatmu sampai ada pengumuman untuk mengambil jatah makan malam di tempat buka puasa tadi. Ikutlah bersama jamaah lain menuju ke tempat tadi dan agar bisa menikmati nasi gratis. Sekali lagi, jika beruntung mungkin ada lauk ayam atau ikan, setidaknya terpenuhilah sudah kewajiban perut setelah seharian puasa.

Dengan memohon keridhaan Allah dan Izin-Nya lah kita mempunyai kekuatan lagi dan bisa berpuasa untuk esok hari tanpa menyusahkan orang lain. Hidup ini memang susah, tetapi jangan dibuat susah atau kelihatan susah. Nikmati saja pengalaman-pengalamanmu dengan senyuman. Adapun sakit dan tidak enaknya cukuplah dalam hati saja.

Tidak ada komentar: