Kamis, 26 Agustus 2010

Kamis, puasa hari ke-16 : "Tiga kata ajaib", dara dan revolusi lagu anak

Mau tau sebuah rahasia nggak ?
Ada tiga kata yang sangat ajaib,
Yang bisa merubah hidup kita

Caranya mudah saja dengarkanlah dan ikuti aku...

Itu adalah penggalan lirik lagu yang dibawakan seorang penyanyi cilik bernama dara swandana. Lagunya berisikan pesan-pesan sederhana yang sering luput dari perhatian kita. Beberapa waktu ini para penyanyi cilik sering menyanyikan lagu milik band-band atau penyanyi dewasa Mungkin kau sering menonton acara pentas bernyanyi anak yang berselimutkan reality show di televisi negara kita. Para penyanyi cilik tersebut menikmati saja ketika membawakan lagu-lagu bertemakan cinta. Sebagian besar mereka pasti belum mengerti akan apa yang dinyanyikannya sehingga yang terjadi adalah mereka dipaksa dewasa sebelum waktunya.

Lagu milik dara tersebut menceritakan tiga kata ajaib pembawa perubahan besar dalam hidup kita, yaitu : "tolong" apabila kita ingin meminta bantuan.
kemudian : "terima kasih" jika ada yang menolong kita
dan ketiga adalah : "maaf" apabila kita sempat menyakiti orang lain.
Lagu ini diciptakan oleh Tere dan diproduseri mira lesmana. Dara yang masih berumur 10 tahun dan duduk di kelas 4 SD ini seakan menjawab fenomena bermunculannya penyanyi-penyanyi cilik yang "terpaksa" dewasa sebelum waktunya tadi.

Tidak muluk-muluk lirik lagu tersebut tanpa mengesampingkan nilai-nilai yang dikandungnya dan juga tak mengorbankan kecentilan khas anak-anak dalam menyanyikan sebuah lagu. Sudah saatnya bagi kita memperhatikan hal-hal seperti ini. Ketika anak-anak sudah dipaksa berpikir bukan dalam dunia anak-anaknya, maka dikhawatirkan psikologi anak bisa terancam. Disamping itu, dunia anak merupakan saat yang tersingkat dalam hidup. Biarkan mereka menikmati saat-saat sebentar di tengah dunia yang semakin carut marut ini. Dunia anak adalah bermain. Lepaskan mereka menyanyikan kegembiraan dan meluapkan suka cita tanpa harus memikirkan jatuh cinta, putus, selingkuh, cinta pertama, orang ketiga dan sebagainya.

Ada kata-kata yang sudah jarang terdengar dalam kehidupan kita, entah itu karena kita lupa atau sangat sibuk. Beberapa diantaranya tiga kata tadi : tolong, terima kasih, dan maaf.
Maka melalui hal-hal kecil seperti ini, "tolong" sampaikan kepada yang lain, mungkin sedang lupa. "terima kasih" telah membacanya, dan "maaf" bukan bermaksud menggurui atau menceramahi. ^_^


(Sore ini dara swandan hadir melalui salah satu stasiun radio swasta menyanyikan lagu ini di kamar kami) berikut liriknya :

Tiga Kata Ajaib

Ada tiga kata yang sangat ajaib
Yang bisa mengubah hidup kita
Caranya mudah saja
Dengarkanlah dan ikuti aku

Yang pertama, katakan tolong
Setiap kau minta bantuan
Yang kedua, terima kasih
Saat ada yang datang membantu
Lalu ketiga, ucapkanlah maaf
Jika kau sakiti siapa pun

Katakan semua setulus hati
Dan keajaiban akan terjadi


Dara Swandana

sumber :
http://www.kapanlagi.com/h/old/dara-swandana-digandeng-mira-lesmana-dan-tere.html
http://www.4shared.com/audio/1vKk06yQ/dara_-_tiga_kata_ajaib_trinity.htm
http://lirikbaru.com/lirik-lagu-dara-swandana-tiga-kata-ajaib.htm

Tidak ada komentar: