Sabtu, 21 Agustus 2010

Sabtu, puasa hari ke-11 : Dengan mengenal kita menyatu

Sore ini dengan berboncengan bersama Ilo di motornya, saya berangkat menuju rumah Bapak Suardi Duka, memenuhi undangan buka puasa bersama pertama keluarga komunikasi unhas (KKU) tahun ini. Dalam kondisi sore menjelang magrib seperti itu, otomatis berbagai ruas jalan mengalami kemacetan, tetapi dengan sigap Ilo pandai mengambil jalan pintas dan menembus kemacetan mulai dari daerah tallo, jalan daeng sirua hingga tiba di jalan hertasning kompleks perumahan gubernur tempat acara berlangsug.

Suasana sangat ramai ketika kami sampai disana. Satu sisi jalanan di depan rumah Pak Suardi ditutup untuk memudahkan parkir kendaraan tamu yang datang di pinggir jalan. Terlihat Toar, (kosmik 03), Ain (kosmik 06), Idham (kosmik 08) serta Tito (kosmik 07) dari kejauahan sewaktu Ilo sedang memarkir motornya. Beberapa Anak Kosmik lain seperti pun mulai berdatangan Yusuf (kosmik 07, sang ketua korps), Opi (kosmik 07, wakil ketua), Triayu (kosmik 07) dan Kidung (kosmik 08). Tempat duduk hanya tersisa beberapa saja karena saking begitu banyaknya orang mulai anak-anak, ibu-ibu hingga bapak-bapak. Diantara para undangan itu, terdapat sekelompok anak muda laki-laki dan perempuan yang berpakaian putih hitam dengan tas merah besar di pundaknya. Rupanya mereka adalah mahasiswa baru komunikasi yang datang bersama pengurus kosmik. Laki-laki nya berpotongan rambut sangat pendek hampir mendekati botak, sementara yang perempuan tampil rapi dengan rambut rata-rata diikat tetapi ada juga yang berjilbab.

Adzan magrib tanpa terasa mulai terdengar, para undangan pun mulai menyerbu hidangan berbuka yang disediakan. Tampak orang-orang berebutan mengambil makanan dan minuman, saya kira itu wajar, karena kelihatannya tidak mencukupi untuk semua yang hadir. Saya dan teman-teman kosmik lain hanya bisa puas mengambil air putih tak jauh dari jangkauan kami. Cido (kosmik 02) dan Ina (kosmik 06) serta Dodi (kosmik 08) yang juga ada disitu memutuskan ikut mengantri mengambil makanan ketika sudah mulai sedikit orang di sekitar meja prasmanan. "Asal tidak HMI" (Habis Makan Ilang)...kata Cido. hahahaha... saya dan Andi (kosmik 06) tertawa mendengarnya. Karena kalau dulu kita mengenal istilah "SMP" atau Sudah Makan Pulang.

Beberapa Mahasiswa Baru komunikasi angkatan 2010 tadi juga ikut berbuka puasa. Ada yang masih malu-malu mengambil makanan terutama mereka yang sebagian besar adalah perempuan dengan wajah-wajah segar dan berparas ayu. Seorang diantara mereka berbicara dengan medok jawa yang sangat kental. Vina namanya, ketika salah satu temannya memanggilnya dari belakang. Kupikir dari tahun ke tahun generasi anak kosmik asal jawa tidak putus-putusnya. "Ada lagi penggantinya Mbak siska" celutuk Andi. Seorang lain dari mereka turut pula mengundang perhatian kami. Mata besar berwarna hitam gelap (istilahnya bolla) menjadi daya tarik dirinya ditambah kulit putih yang kontras dengan baju hitamnya. Rupanya dia sudah mengganti kemeja putih tadi.

Ketika magrib berlalu, para mahasiswa baru itu pun memutuskan pulang satu persatu bersama para undangan lain sehingga tempat-tempat duduk mulai kosong. Dari belakang, beberapa anak kosmik angkatan 2009 (Alin, ratna, ciko, titah, ari, dan ela) mulai duduk mengisi kursi yang kosong di dekat saya dan Ilo. Baju merah yang dipakai alin membuatnya tampak seperti anak unhas yang akan pergi demo. Ilo langsung mengenali mereka sebagai pagar ayu di acara pernikahan dwi dan kak yusran beberapa waktu lalu.

Saat-saat berkumpulnya anak kosmik dari berbagai angkatan sebenarnya menjadi inti acara berbuka puasa bersama seperti ini. Saling mengenal dan saling sapa, setidaknya ketika bertemu di jalan kita bisa sama-sama melambaikan tangan. Kalau lah tidak sempat kita mengetahui nama, setidaknya ada terpatri sedikit dari wajah masing-masing, gestur tubuh atau gelak tawa mu. Karena meskipun pernah ada yang lama dan kemudian datang yang baru, kita tetap menyatu. (dari salah satu lirik lagu mars kosmik, kau tau lah pasti yang mana)



http://fc07.deviantart.net/fs32/i/2008/197/2/6/United_by_BlackofElfa.jpg



http://thebestten.files.wordpress.com/2009/12/superheroes11.jpg


1 komentar:

dwiagustriani mengatakan...

walaupun lama walaupun jauh kita kan selalu menyatu....